ekologi, ekologi pertanian

Ekologi pertanian

EKOLOGI


ekologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara mahluk hidup dan lingkungan sekitarnya.ekologi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu oikos yang artinya habitat dan logos yang berarti ilmu. ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang interaksi antar mahluk hidup dengan mahluk hidup bahkan interaksi mahluk hidup dengan lingkunganya. dalam ekologi mahluk hidup merupakan satu kesatuan yang tidak terpisah oleh oleh lingkungan.
dalam ekologi terdapat suatu istilah yaitu ekosistem, ekosistem merupakan suatu sistem dari ekologi yang terbentuk oleh adanya hubugan timbal balik antara mahluk hidup dan lingkunganya. adapun komponen komponen penyusun ekosistem yaitu 


1. Faktor Abiotik


Faktor abiotik adalah faktor tak hidup yang meliputi faktor fisik dan kimia. Faktor fisik utama yang mempengaruhi ekosistem adalah sebagai berikut:



A. Suhu     Suhu berpengaruh terhadap ekosistem karena suhu merupakan syarat yang diperlukan organisme untuk hidup. Ada jenis-jenis organisme yang hanya dapat hidup pada kisaran suhu tertentu.


B. Sinar matahariSinar matahari mempengaruhi ekosistem secara global karena matahari menentukan suhu. Sinar matahari juga merupakan unsur vital yang dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai produsen untuk berfotosintesis. C. AirAir berpengaruh terhadap ekosistem karena air dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme. Bagi tumbuhan, air diperlukan dalam pertumbuhan, perkecambahan, dan penyebaran biji; bagi hewan dan manusia, air diperlukan sebagai air minum dan sarana hidup lain, misalnya transportasi bagi manusia, dan tempat hidup bagi ikan. Bagi unsur abiotik lain, misalnya tanah dan batuan, air diperlukan sebagai pelarut dan pelapuk. D. TanahTanah merupakan tempat hidup bagi organisme. Jenis tanah yang berbeda menyebabkan organisme yang hidup didalamnya juga berbeda. Tanah juga menyediakan unsur-unsur penting bagi pertumbuhan organisme, terutama tumbuhan.

E. KetinggianKetinggian tempat menentukan jenis organisme yang hidup di tempat tersebut, karena ketinggian yang berbeda akan menghasilkan kondisi fisik dan kimia yang berbeda.

F. AnginAngin selain berperan dalam menentukan kelembapan juga berperan dalam penyebaran biji tumbuhan tertentu.

G. Garis lintangGaris lintang yang berbeda menunjukkan kondisi lingkungan yang berbeda pula. Garis lintang secara tak langsung menyebabkan perbedaan distribusi organisme di permukaan bumi. Ada organisme yang mampu hidup pada garis lintang tertentu saja.


2. Faktor Biotik


Faktor biotik adalah faktor hidup yang meliputi semua makhluk hidup di bumi, baik tumbuhan maupun hewan. Dalam ekosistem, tumbuhan berperan sebagai produsen, hewan berperan sebagai konsumen, dan mikroorganisme berperan sebagai dekomposer. Faktor biotik juga meliputi tingkatan-tingkatan organisme yang meliputi individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer. Tingkatan-tingkatan organisme makhluk hidup tersebut dalam ekosistem akan saling berinteraksi, saling mempengaruhi membentuk suatu sistemyang menunjukkan kesatuan.


EKOLOGI PERTANIAN

Ekologi pertanian adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pengendalian suatu proses pertanian dalam meningkatkan suatu produksi pertaian tanpa megabaikan lingkungan sekitar. ekologi pertanian ridak lepas dari ilmu klimatologi, morfologi, anatomi dan masih banyak lagi karena dalam suatu ilmu ekologi dan ilmu lainya sangat berhubungan dan berkesinambungan satu sama lainya.

Comments

PropellerAds