NUTRISI YANG DIGUNAKAN UNTUK HIDROPONIK


Nutrisi merupakan unsur penting yang diperlukan dalam pertumbuhan tanamanTanaman memerlukan 16 unsur esensial (nutrisi) untuk pertumbuhannya. Tanah tempat mereka tumbuh meyediakan banyak unsur kimia yang mereka butuhkan. Unsur kimia yang disediakan oleh tanah ini disebut unsur mineral. namun dalam hidroponik kita harus menyediakan unsur hara untuk tanaman sendiri karena tidak menggunakan media tanah sehingga pembentukan unsur hara tidak bisa terjadi begitu saja, dengan demikian apa saja nutrisi yang bisa digunakan untuk hidroponik :

1. AB MIX

AB Mix merupakan campuran antara pupuk A dan pupuk B. Pupuk A mengandung unsur kalium sedangkan pupuk B mengandung sulfat dan fosfat. Ketiga unsur ini tidak boleh dicampur dalam keadaan pekat agar tidak menimbulkan endapan.



Keunggulan dari nutrisi hidroponik AB Mix ini adalah terdapat pada kelengkapan unsur haranya, sedangkan kekurangannya adalah dapat meyebabkan tanaman terbakar bila diberikan pada tanaman dalam dosis yang terlalu banyak (berlebihan).
Satu set nutrisi hidroponik yang terdiri dari pupuk A dan pupuk B mengandung 9.90% NO3, 0.48% NH4, 4.83% P2O5, 16.50% K2O, 2.83% MgO,11.48% CaO, 3.81% SO3, 0.013% B, 0.025% Mn, 0.015% Zn, 0.002% Cu, 0.003% Mo dan 0.037% Fe atau tergantung dari jenis tanamannya, apakah untuk sayur daun, buah atau lainnya.


2. pupuk NPK mutiara


menggunakan NPK Mutiara 16-16-16. Biasanya berbentuk butiran berwarna biru dan mudah larut dalam air. Pupuk ini sudah mengandung nitrogen 16%, pospat 16%, kalium 16%, magnesium 0,5%, dan kalsium 6%. Dosisnya setengah sendok teh untuk satu liter air. Untuk aplikasi, Anda tinggal menyesuaikan saja dengan ukuran tandon atau wadah Anda. Misal Anda menggunakan wadah wick 10 liter, maka 5 sendok teh NPK Mutiara sudah cukup.
Namun nutrisi yang terdapat dalam pupuk npk mutiara tidak selengkap AB MIX sehingga harus di tambah dengan penyemprotan pupuk Gandasil.menyemprotkan pupuk Gandasil D dengan dosis 10 gram/10 liter air tiap 10 hari sekali pada saat pagi atau sore. Pemberian gandasil D agar mengoptimalkan unsur hara mikro yang kurang di sayuran.

3. dengan pupuk Organik

Pupuk organik juga bisa digunakan untuk nutrisi hidroponik, banyak macam nya mulai dari kotoran hewan sampai tumbuhan yang sudah mati bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi hidroponik. 

Comments

PropellerAds