Dasar Ilmu Tanah (DIT)


Dasar ilmu tanah (DIT)

Pengertian Tanah

   Tanah merupakan suatu benda yang terdapat di permukaan kulit bumi yang tersusun dari bahan mineral sebagai hasil pelapukan bebatuan dan bahan organik sebagai hasil pelapukan sisa-sisa tanaman dan hewan, yang mampu menumbuhkan tanaman.

Secara fisik sebagai tempat tumbuh berkembangnya perakaran, penopang tegak tumbuhnya tanaman dan penyuplai kebutuhan air dan udara
Secara kimiawi sebagai gudang dan penyuplai hara (seperti N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, Cu, Mg, B, Cl, dll)
Secara biologis sebagai habitat biota (organisme) yg berpartisipasi aktif dalam penyediaan hara dan zat-zat aditif (pemacu tumbuh, proteksi) bagi tanaman.
Dari ketiganya secara integral mampu menunjang produktivitas tanah ut menghasilkan biomass dan produksi baik tanaman pangan, obat2an, industri perkebunan dan kehutanan

Definisi Ilmu Tanah
Ilmu tanah secara umum adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat tanah secara umum, Ilmu tanah sendiri terbagi dalam dua bagian yaitu pedologi dan edaphologi.

Pedologi
adalah ilmu tanah yang menekankan hubungan tanah dengan faktor – faktor pembentuknya atau dengan kata lain ilmu yang mempelajari proses-proses pembentukan tanah berserta faktor-faktor pembentuknya, mengklasifikasikannya,  mempelajarinya dilapangan (survei tanah) dan cara-cara pengamatan sifat tanah dilapangan.

Edaphologi
adalah ilmu tanah yang mempelajari hubungan tanah dengan tanaman atau dengan kata lain ilmu yang mempelajari tanah sebagai alat produksi pertanian.

ASAL  TANAH
Merupakan hasil pelapukan batuan dan bercampur dengan bahan organik dari vegetasi (tumbuhan) dan hewan dan makhluk lain yang hidup di atas dan di dalamnya.

FUNGSI TANAH SEBAGAI MEDIA TUMBUH
  1. Tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran, Antara lain ,penyokong tegak tumbuhnya trubus (bagian atas)  tanaman, Sebagai penyerap zat zat yg dibutuhkan tanaman.
  2. Penyedia kebutuhan primer tanaman ut melaksanakan aktivitas metabolisme (air, udara, UH)
  3.  Penyedia kebutuhan sekunder tanaman yg berfungsi dalam menunjang aktivitasnya supaya berlangsung optimal (ZPT, antibiotik n toksin, enzim, dll)
  4. Habitat biota tanah, baik biota yg menguntungkan maupun merugikan.

PROFIL TANAH
Profil tanah merupakan irisan vertikal tanah dari lapisan paling atas hingga ke bebatuan induk tanah. Bagian horizon tanah yg paling penting untuk tanaman adalah horizon O s/d A (lapisan atas) yg biasanya mempunyai ketebalan dibawah 30cm. Karena di horizon ini umumnya memiliki kesuburan tanah yg baik dengan kandungan UH yg tersedia bagi tanaman (lapisan olah).

MANFAAT PROFIL TANAH
  1. Kedalaman lapisan olah (solum) merupakan indikator potensi kedalaman akar tanaman ut berpenetrasi ke dalam tanah.
  2. Kelengkapan/differensiasi horizon pada profil tanah merupakan indikator umur tanah/proses2 pembentukan yg telah dilaluinya
  3.  Warna tanah merupakan indikator sifat kimiawi tanah



KOMPONEN PENYUSUN TANAH

Empat penyusun utama tanah:
Bahan Mineral                            : 45 % Volume 
Bahan Organik                            : 5 % Volume
Air                                               : 25 % Volume
Udara                                          : 25 % Volume.

Keempat komponen penyusun tanah ini saling berhubungan menyusun sistem yang dinamik. Tanah lapisan bawah mengandung lebih sedikit bahan organik tanah, cenderung lebih padat, persentase pori mikro lebih tinggi

Tanah, Media Tumbuh Tanaman

Untuk pertumbuhannya, tanaman memerlukan unsur hara, air, udara, dan cahaya. Unsur hara dan air diperlukan untuk bahan pembentuk tubuh tanaman. Udara dalam hal ini CO2 ,dan air dengan bantuan cahaya menghasilkan karbohidrat yang merupakan sumber energi untuk pertumbuhan tanaman.  Disamping faktor-faktor tersebut, tanaman juga memerlukan tunjangan mekanik sebagai tempat bertumpu dan tegaknya tanaman.

Dalam hubungannya dengan kebutuhan hidup tanaman tersebut tanah berfungsi sebagai:
a)      Tunjangan mekanik sebagai tempat tanaman tegak dan tumbuh
b)      Penyedia unsur hara dan air
c)       Lingkungan tempat akar atau batang dalam tanah melakukan aktivitas fisiknya








Comments

PropellerAds