Pengertian Hidroponik , NFT dan DFT





Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

ecara etimologi hidroponik berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata. Yakni hydro dan ponos. Hydro yang artinya air dan ponos yang artinya kerja.Jadi apabila disatukan hidroponik adalah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah (humus) sebagai media tanam atau soilles.
macam macam metode Hidroponik :
1. NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE

NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. sehingga perakaran tidak mudah busuk, namun metode ini memiliki kelemahan yaitu pada metode ini air diharuskan terus sirkulasi dan penggunaan listrik yang terus menerus karena jika pompa air mati dalam waktu yang lama maka tanaman akan layu dan mati jika kita tidak sering mengontrol sirkulasi air.



2. DFT (Deep Flow Tehnique)


DFT (Deep Flow Tehnique) Prinsipnya sama dengan hidroponik NFT perbedannya hanya pada kedalaman air nutrisi, dimana ada air yang tergenang dalam pipa sekitar 1/3 atau 1/4 bagian pipa. tidak seperti NFT yang semua air nutrisinya selalu mengalir. sama dengan NFT metode ini juga mempunyai kelemahan : yaitu jika kita tidak mengontrol air maka yang akan terjadi tanaman akan mengalami kebusukan pada akar dan tanaman akan layu dan mati. namun metode ini memiliki kelebihan yaitu jika listrik padam makan tidak perlu bingung karena ada pipa air akan tetap ada / masih terisi sehingga tanaman akan tetap medapat air.

namun dalam hal ini dalam penggunaan hidroponik yang sangat penting dilakukan adalah selalu mengontrol air dan nutrisi hidroponik agar tanaman tetap berada pada kondisi yang baik sehingga produksi menjadi maksimal.



Comments

Post a Comment

PropellerAds